Thursday, January 4, 2007

Indonesia Punya Apa?


Cuma sebuah pertanyaan sederhana gara-gara sebuah komentar sederhana:

saat menonton sebuah sinetron lokal pada adegan si tokoh utama perempuan merasa sedih lalu lari dan memeluk pohon. Hujan langsung turun dengan derasnya.

Komentar yang keluar, "Ih, India banget."

(Catatan: bukan berarti saya rasis, ya. Tapi emang cuma film India kok yang terkenal dengan ujan di banyak adegannya).

Kemudian teringat:

pernah mendengar istilah jilbab Malaysia (poni si pemakai menyembul dari bawah jilbabnya) dan jilbab Iran (salah satu ujung jilbab dipuntir lewat belakang kepala kemudian dimasukkan ke dalam lipitan dagu), tapi pernahkah mendengar istilah jilbab Indonesia?

pernah mendengar istilah Harajuku style atau Japanese style buat model rambut, tapi pernahkah mendengar Blok M style atau Indonesian style?

Mungkin nggak ya suatu hari nanti, orang India atau Jepang atau Korea, bangsa yang selama ini kita jiplak abis-abisan film dan doramanya, nonton film mereka dan bilang, "Ih, Indonesia banget."

Atau suatu hari nanti seorang muslimah Pakistan mencoba gaya jilbab bernama jilbab Indonesia.

Dan Jepang dilanda demam gaya rambut Borobudur style.

Kayanya nggak mungkin, ya..

Sedih juga.. kita bangsa tanpa ciri khas..

kenyataan bahwa kita nggak punya sesuatu buat dijiplak ternyata lebih menyedihkan daripada kenyataan bahwa kita ini bangsa penjiplak..

5 comments:

adu catumorli said...

Loh kan ada mukena KD, jilbab saskia, celana agnes monica, poni nirina, dan banyak lagi ciri khas indonesia, hehe :P tapi itu mah bkn ciri khas indonesia ya, tapi ciri khas artis indonesia :P

della said...

Iya juga ya..hmm..tinggal dipatenin aja tu, jangan sampe suatu hari nanti kita pake mukena KD made in Malaysia ;P

Anonymous said...

kunjungan balik =)

'bangsa tanpa ciri khas' yah. sebenarnya sih gw gak peduli2 amat soal ciri khas bangsa, yang penting sih ciri khas gw ajah =P

mongngomong, kayaknya kita bisa bilang kalau baju koko dan celana panjang rada-gombrong dan peci kotak (yang tegak ke atas itu lho) itu gaya khas indonesia.

kayaknya gak ada lagi yang kayak gitu, paling banter di malaysia. itu juga gak mirip amat kok. di arab aja nggak ada kok

~gakTauJugaSih

Anonymous said...

huhuhu..abis yang terkenalnya yang jelek-jelek sih.. TKI, korupsi.. hmm bukan berarti bilang TKI itu jelek lho.. tapi negara mana sih yang mau warganya diekspor untuk jadi pembantu di negara orang??? dibayarnya murah lagi, disiksa mulu lagi sama majikannya...
dan yang terakhir negara yang paling lambat menangani krisis, mulai dari flu burung, lumpur panas, dsb dsb... so, kalo ada yang lemot menangani krisis di negaranya mungkin akan dikomentari "Indonesia banget seh.."
(hiks..hiks..)

della said...

eh iya, jadi inget filmnya Cameron Diaz tapi lupa judulnya,pokoknya bukan Charlie's Angels atau There's Smthng About Mary.
Di film itu dia maen bareng Salma Hayek.
Pas Salma nge-date ma cowonya saat jam kantor, bosnya mendadak dateng n bilang, "Baru ditinggal sebentar, tempat ini sudah seperti Indonesia."
Kantornya emang berantakan banget gara2 Salma n pacarnya sama2 nggak bisa nahan napsu ;p
Btw, anonymous terakhir itu siapa sih?
Dede bukan?
Makasih ya dah mampir, tapi laen kali kasi nama ok..