Friday, March 21, 2008

Sudahkah kau temukan sungai Nil milikmu?


Ohohoho..terlambat seperti biasa.
Nyaris sebulan setelah premiere, saya baru nonton Ayat-Ayat Cinta (AAC). Tadinya, saya termasuk orang-orang yang yakin bahwa nggak ada film yang lebih baik dari novelnya. Itu sebelum saya nonton Ca Bau Kan. Habis itu saya selalu menunggu-nunggu kapan sineas Indonesia bikin film yang diangkat dari novel dan bisa sebagus itu.
Nah, singkat cerita, saya nonton AAC. Lepas dari kontroversi ceritanya yang beda dari novel, terus terang saya lebih suka filmnya.

Fedi Nuril pas banget jadi Fachri. Kalo baca novelnya, yang terbayang di kepala saya adalah cowo super biasa dengan wajah standar cenderung jelek (ups..). Sebetulnya sih Fedi Nuril masih terlalu ganteng buat Fachri, tapi ketutup aktingnya, jadi gpp lah.

Paling nggak Hanung dah berhasil lepas dari image bahwa lelaki alim haruslah mereka yang berjenggot-berkacamata-berlogat sok Arab.

Noura yang diperanin Zaskia Adya Mecca juga pas banget.


Pertama kali saya jatuh cinta sama si ZAM ini waktu dia beradegan nangis di sinetron Para Pencari Tuhan. Menurut saya, dia paling cantik kalo nangis. Terbukti di AAC, di mana seharusnya kita ngerasa benci sama dia yang memfitnah Fachri, saya malah kasian. Siapa sih yang tega ngecewain sepasang mata sendu itu?

Oiya, sekadar membagi sedikit dari pengetahuan saya, buat mereka yang membenci tokoh Noura, harap dipahami bahwa harga diri perempuan padang pasir sangat tinggi. Sekali mereka jatuh cinta, mereka akan terus menanti orang itu.

Sebaliknya, begitu mereka merasa dikhianati, mereka akan melakukan segala cara supaya orang itu mendapat balasan yang setimpal.

Jadi tindakan Noura terhadap Fachri adalah sesuatu yang sejalan dengan kulturnya (walopun Noura bukan orang asli Mesir ya).

Para penggemar novelnya udah pasti kecewa banget sama film ini karena terlalu ringan, tapi berhubung saya nggak terlalu fanatik sama novelnya, saya sih lebih suka filmnya. Haha..

TAPI, kenapa harus ada bagian Maria yang sempet dipoligami sih? Rada bete juga pas adegan itu. Untung nggak terlalu diekspos.

Ah ya, sudahlah. Intinya, saya mo bilang kalo saya lebih suka filmnya. Ini film ketiga yang diangkat dari novel yang saya suka setelah Ca Bau Kan dan The Lord of The Ring. Ironisnya, kalimat yang paling saya suka justru nggak ada di novelnya tu.

6 comments:

Anonymous said...

Dah lama tak baca blog kau...
Makin menarik saza...
Nonton film ini?
Wah tunggu ampe tahun depan aja deh...(di tv)

della said...

Dasar..
ntar gw mo beli VCD-nya kok kalo dah kluar. Ntar gw pinjemin deh.

gadisbintang said...

dellaaaa...
aku barusan nonton AAC di youtube. hehehe..
si NURIL itu GANTENG yaaa.. *ngiler* ahahaha.. tapi kok kayaknya, kurang dewasa buat perannyah. *gpp-lah. asal ganteng* ahahaha..

overall sih, film-nya "nggak ganggu" -- nggak kayak kebanyakan pelem indonesia. sayang, feel mesir-nya nggak dapet.

trus.. kenapa sih si maria harus masuk islam? di bukunya juga kagak.
yahh.. lumayan deh. kalo di-rating, gue kasih 6.5 deh.
udah lulus tuh. walo dapet C.
hihihihi.. XD

ps: ngomong2, kalimat paporitmu yang mana, wahaiy calon ibu? ;)

della said...

Hai Fe,
pa kabar?
Gile, nonton di youtube? Niat banget sih, hehe..
Ember, ganteng banget..sampe gw bercita-cita ntar anak gw (kalo beneran cewe seperti hasil USG) mo gw cariin jodoh yang mirip Fedi Nuril, wuahahahha..
Aduh Neng, Maria kan ngucapin syahadat sebelum meninggal. Coba baca lagi dengan teliti ya..
Kalimat paporit gw udah pastilah, "Senang ya, kalau kita bisa bertemu dengan jodoh yang diturunkan Tuhan dari langit."
"Bukan dari langit, tapi dari hati."
Hehehe..berhubung udah ktemu, jadi berasa ge-er banget kalo kalimat ini ditulis buat gw :D

gadisbintang said...

quoted:

"Senang ya, kalau kita bisa bertemu dengan jodoh yang diturunkan Tuhan dari langit."
"Bukan dari langit, tapi dari hati."

comment:
laahh, kalimat itu kan ada di pelem. pas si maria ama pahri di pinggir sungai nil.
kok dikau bilang, kagak ada di pelem, sih?

btw, perempuaan yaa??
waaahhhhh, lucuuuuu.
kapan rencana brojolnyaa?
*kok rencana, sih? yang bener, perkiraan ya? hehehe..*

della said...

Fe, lo di Belanda begadang mulu ye, sampe salah baca. Pan aye bilang, kagak ada di nopelnya.
Aih dikau..ck ck ck.. (geleng2 kepala tanda prihatin)
Ho oh ni, blom brojol2, nendangnya doang yang kenceng. Doain aja deh, kata dokter tanggal 21 Mei.