Sunday, December 31, 2006

Karena Semua Guru Pernah Jadi Murid



Udah lama sih, ngeliatnya.

Itu loh, iklan Telkom Bagimu Guru dengan slogan "Karena Semua Guru Pernah Jadi Murid".

Iyah, bener banget.

Karena semua guru pernah jadi murid, harusnya kami inget kalo belajar melulu itu nggak bagus buat otak.

Harusnya kami inget kalo ngedengerin guru ngoceh di depan kelas itu membosankan.

Harusnya kami menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Harusnya kami inget untuk selalu mengajar dengan penuh cinta.. bahwa yang kami ajar adalah manusia.. bahwa mereka adalah kami, bertahun-tahun yang lalu..

Harusnya kami bisa bilang, "Nak, kami sayang kalian" dan mengelus kepala mereka penuh kasih, bukan memberi pukulan dan membuat mereka trauma dengan sekolah.

Sedih banget deh kalo nonton berita tentang kekerasan atau pelecehan seksual yang dilakukan guru terhadap murid..

Jadi inget waktu kuliah Akta IV dulu. Kan temen sekelas saya ada yang udah ngajar di SMP. Saya yang lagi cinta-cintanya ma anak SMP (mengingat murid-murid privat saya yang manis) berkata penuh semangat, "Wuah! Enak, dong!"

Jawabnya, "Apaan yang enak? Ngajar anak SMP tu kaya ngajar ternak, kalo nggak dipukul, nggak bisa diem!"

Saat itu juga saya bertekad untuk membuktikan bahwa dia salah. Nggak ada manusia yang bisa diajar dengan pukulan. Itu yang saya percaya.

Lulus kuliah dan masuk dunia nyata.

Di sekolah tempat saya ngajar ini, ada beberapa guru yang masih berpandangan sama kaya temen kuliah saya itu. Saya sih kekeuh. Tapi emang sih ada beberapa murid yang langganan nggak pernah ngerjain pe er. Biasanya cuma saya suruh bdiri di depan kelas sampe pelajaran selesai, abis itu nasihat panjang lebar bahwa ngerjain pe er itu penting buat ngebantu kita inget pelajaran tersebut.

Tapi tau sendiri kan, yang namanya sanksi kalo dibiasain malah keenakan.

Mungkin mereka pikir, "Ah, cuma disuru bdiri ini, plus dengerin nasihat dikit. Gampang."

Trus saya inget satu sanksi yang sukses bikin temen-temen saya rajin ngerjain pe er waktu SD dulu:

digantungin kertas di leher bertuliskan, "Saya tidak mengerjakan PR" trus disuru kliling ke kelas-kelas, minta tanda tangan guru.

Ya udah, saya coba deh. Pada suatu hari cerah, saya siapin tiga pasang karton yang saya lobangin n iket tali rafia seadanya (ngapain keren-keren, orang dihukum juga!). Kalo digantung di leher, akan ada dua karton besar menjuntai, satu di depan dada, satu lagi di punggung dengan tulisan berhuruf kapital, "SAYA TIDAK MENGERJAKAN PR".

Bener aja, hari itu, ada lima belas siswa kelas VIII yang nggak ngerjain pe er! Mana saya cuma bikin tiga! Ya udah, gantian aja, tiga-tiga. Masuk ke tiap kelas bawa surat pengantar dari saya yang harus ditandatangani guru yang lagi ngajar di kelas tersebut.

Setelah itu, menurut kalian, masih ada nggak yang nggak ngerjain pe er pas pelajaran saya? :D

Herannya, mereka bilang itu sanksi terkejam yang pernah ada. Padahal saya inget, pernah ada yang dipukul pake gagang sapu sampe gagangnya patah. Ada yang disuru lari keliling lapangan sampe hampir pingsan. Saya nggak pernah mukul loh.. apakah memukul sekarang sudah bukan tergolong sanksi kejam lagi?

Punya saran?

4 comments:

Anonymous said...

Beda sudut pandang. Mungkin buat mereka hukuman yang elo kasih itu mempermalukan mereka di depan teman2 mereka. Beda kalo dipukul, mungkin aja mereka sering mengalami (baca: dipukul tidak hanya di sekolah tapi juga di rumah) jadi hal itu biasa buat mereka.
Mungkin kata hukuman sebaiknya elu ganti Del karena kurang baik untuk didengar. Bisa aja elu ganti jadi kata konsekuensi. Konsekuensi mereka tidak mengerjakan PR yah sanksi dari elo itu.
Dipukul? Buat gw pribadi tidak masalah. Tapi yang berhak memukul bukanlah guru, melainkan orangtua.
Itupun masih ada batasannya. Untuk anak usia remaja, memukul bukan hal yang tepat menyelesaikan masalah.
Sanksi yang elu kasih ke mereka udah cukup baik, mudah2an saja mereka tidak melakukannya lagi. Kalaupun mereka masih melanggar, coba berpikir mencari sanksi yang lain.
Good Luck :)

della said...

Tengkyu Jun,
dah gw edit tu hukuman jadi sanksi ^ ^

adu catumorli said...

Correcto! Pukulan hanya menjadi trauma, dan itu mengakibatkan guru menjadi sosok paling menakutkan bagi murid, dan sekolah merupakan tempat eksekusinya (been there). Malu membuat manusia ngga mau mengulanginya lagi, sedangkan sakit membuat takut, tapi entah kenapa memprogram otak untuk mengulanginya lagi dan lagi.

della said...

Nah, berarti daku udah satu langkah menuju guru yang baik, amin.. ^ ^