Sunday, December 31, 2006

Semalam, Sapiku Melahirkan Seekor Gajah

Hari itu, seperti biasa jalan kaki menuju sekolah yang udah hampir setaun ini jadi tempat saya mengajar (harap dicatat, dari rumah ke sekolah bisa ditempuh dengan tujuh menit jalan kaki).

Pas atap sekolah udah keliatan ujungnya, seorang laki-laki bertubuh besar, kumisan, jenggotan, dan berwajah sangar, mencegat saya dan bertanya, "Della ya?"

Deg-degan banget, ini siapa yaa..

"Dari kemaren dah gw liatin mulu, mo negor takut salah. Tapi lo bener Della kan?"

Saya mulai lirik kiri-kanan. Oke, jalanan rame. Kalo ada apa-apa, tinggal teriak minta tolong. Tapi, tunggu dulu deh. Suaranya familiar.

"Slamet?"

Dia ketawa menggelegar, "Iya, gw. Pa kabar lo?"

Ya ampun, ini mah partner berisik saya waktu SMP dulu! Kita pernah sekelas n dia duduk di belakang saya. Kita sering tukeran snack selama belajar, saya permen-dia cheese stick (atau sebaliknya), saya maen gendang-dia nyanyi (nggak pernah sebaliknya), ngobrol sepanjang pelajaran, dia nyontek pe er saya (nggak pernah sebaliknya duong, anti nyontek ;p), pokoknya gitu deh.

Setelah basa-basi bentar, dia langsung nebak, "Jadi guru lo skarang?"

Mungkin ngliat seragam blazer-rok biru donker saya.

Aduh..

Tiap kali ktemu orang yang tau gimana saya saat sekolah dan saya kasi tau kalo skarang saya jadi guru, pasti bakalan bertanya, "Jadi guru??!!!" dengan wajah seakan baru aja denger orang ngomong, "Semalam, sapiku melahirkan seekor gajah."

Inikah saatnya saya melihat ekspresi itu dari Slamet, orang yang tau banget aib saya selama sekolah..

"Iya."

"Hebat! Lo emang pantes banget jadi guru!"

Wuaaahhh.. seakan ada lagu indah mengalun di telinga saya..

"Dari dulu lo kan paling pinter di kelas!"

Saat ini saya mulai ragu, jangan-jangan dia ketuker ma Della yang laen? Ah, tapi cuma ada satu Della di SMP 61 dari taun 1992-1994.

"Ngajar bahasa Inggris, kan?"

Lagu indah tadi berhenti sama sekali (kalo di film-film, bayangin aja bunyi lagu yang mendadak di-pause).

"Bukan, gw ngajar bahasa Indonesia."




Semalam, sapiku melahirkan seekor gajah.


"Bahasa Indonesia? Lo kan.. bukannya elo.."

Kayanya, saat itu si Slamet langsung inget gimana betenya saya tiap kali pelajaran bahasa Indonesia karena saya nggak pernah ngerti ni guru ngomong apa sih..

Sebetulnya nggak cuma pelajaran bahasa Indonesia sih, pada semua pelajaran kecuali bahasa Inggris, kesenian, dan olahraga, saya selalu ngliat guru-guru itu kaya ikan mas koki, megap-megap di depan kelas dan saya nggak ngerti mereka ngomong apa (maaf yaaa..bapak dan ibu guru..)

Naaahh..baru pas kuliah deh, saya ngerti, "Ya ampuuunn..jadi ini toh yang dulu diomongin ma guru bahasa Indonesia?"

Hihihi..

Tapi bersyukur banget dulu saya super tolol, jadi sekarang, tiap kali ngajar, saya bisa nempatin diri saya ke bertahun-tahun lampau dan mencoba sebaik mungkin mentransfer ilmu ini ke murid-murid saya (kedengerannya sombong banget ya..)

Hehehe..




4 comments:

adu catumorli said...

Harusnya semua guru diingatkan sama masa lalunya, betapa membosankan dan menakutkannya guru di mata mereka dulu.. Kalo boleh saran, adu saranin semua guru di sekolah diganti sama guru yg ky kak della :D biarpun nanti udh bertaun2 jd guru, jgn dilupain tuh semua perasaan yg udh dituangin di blog ini, klo ngga kak della akan menjadi sosok membosankan dan menakutkan itu...

della said...

amin..amin..
iya ni, takutnya juga gitu, mari doakan daku semoga nggak kaya gitu ya..

Anonymous said...

Setuju...Makanya untuk jadi guru harus bener2 diseleksi.
Jangan jadi guru karena gak ada kerjaan lain (baca:mentok), ke laut aja deh!
Buat elu...Semangat Della. Andai guru BI gw kaya elu.
:)

della said...

Aih Juned-ku,
kalo guru BI lo kaya gw, lo akan dapet semua pertanyaan ttg BI sejak SMP, jadi nggak akan kepikiran buat kuliah di sastra UI dan mungkin kita nggak akan pernah ktemu, hehe..
Bersyukurlah karena guru BI lo nggak kaya gw ;P