Tuesday, October 7, 2008

Mudiiiiikk..


Saya lahir dan besar di Jakarta.
Keluarga inti juga tinggal di Jakarta.
Seumur idup
paling sering lebaran di Jakarta.
Merasa jadi orang Jakarta dan Jakarta adalah kampung saya.

Jadi nggak pernah sebelumnya ngrasain persiapan solat Id tanpa suara-suara Mama dan Papa yang suka panik-panik bergembira nyuruh kita cepetan, dan suara kami yang menyahut dengan santai. Juga hiruk-pikuk suara orang kluar masuk kamar mandi, suara Mama atau Papa nyari-nyari sesuatu, suara Chacha yang masih ngantuk ditingkahi suara Muti yang suka berceloteh sendiri.
Setelah solat Id pergi ke rumah kakak Mama yang paling tua. Di sana udah ngumpul beberapa keluarga Mama yang tinggal di Jakarta.
Abis itu ke rumah kakak Papa yang palin
g tua. Trus pulang. Hari kedua, paling ada beberapa sodara yang silaturahim ke rumah. Setelah itu, biasanya sepi. Tenang.
Terbiasa dengan lebaran yang seperti itu.

Kalopun ada acara kumpul keluarga besar di Lampung, brangkatnya setelah solat Id.
Nah, berhubung menikahi orang yang keluarga inti dan mayoritas keluarga besarnya tinggal di Palembang, taun kmaren adalah taun pertama solat Id tanpa suara-suara itu.
Kaget juga karena dalam sehari bisa silaturahmi ke beberapa tempat, dan di setiap rumah mesti makan! Jadi dengan sangat terpaksa, saya nggak makan di dua rumah terakhir. Kekenyangan!

Trus hari kedua, rumah dibanjiri tamu. Bener-bener silih berganti dari pagi sampe malem.

Lebaran taun ini, berangkat tanggal 28 September 2008.
Kehebohan terjadi di saat b
erangkat dan pulang karena bawa bayi, jadi bawaan jauh lebih banyak. Masya Alloh..
Bersyukurlah saya punya suami yang mampu ngangkut satu ransel isi kamera dan lensa-lensa, satu tas besar isi bajunya, satu tas besar isi baju saya, dan satu koper isi baju Nadya. Saya cuma kebagian ngangkut Nadya, hehehe..
Di bandara, pesawat delay dua jam lebih. Kami istirahat di musola bandara.
Alhamdulillah Nadya anteng aja disuru nunggu segitu lama. Kliatan sih capenya, tapi nggak rewel. Persis bapake, sabar dan kalem :D
Jadi nyampe Palembang jam stengah tujuh malem, padahal kalo tepat jadwal, jam tiga udah sampe.
Tibalah hari Lebaran. Jalan-jalan abis solat Id cuma ke tempat buyutnya Nadya (masih pake acara mampir-mampir ke tempat sodara yang laen sih) naek mobil kakeknya Nadya.
Hari kedua rumah dibanjiri tamu seperti lebaran taun kmaren.
Trus hari ketiga lebaran (hah, emang lebaran tu brapa hari ya?) ke tempat temen suami, kumpul-kumpul gitu deh. Dijemput sama salah satu temen sang suami.
Bukannya saya nggak mao naek bis, tapi para supir bis di Palembang tu selalu masang house music kenceng-kenceng. Saya nggak mao bawa-bawa Nadya naek benda brisik itu.
Palembang juga nggak punya taksi kaya
blue bird dan sejenisnya.
Nggak ada yang bisa nganter, dan kalopun ada mobil nganggur yang bisa dipinjem, baik suami maupun saya nggak bisa nyetir T_T
Jadi nggak banyak jalan dan nggak sempet foto-foto di Ampera deh. Lagian, ujan juga.

Mo liat foto? Yang out door cuma ada ini, hehehe..
Tampak di belakang adalah jembatan Kertapati, di bawahnya mengalir sungai Ogan.
Liat kan, muka Nadya serius banget ngliat kluar sementara Umminya sadar kamera :P

Oke, buat kalian yang mungkin akan mengikuti jejak saya di masa depan (baca: bawa bayi ke luar kota untuk jangka waktu seminggu), ingatlah untuk membawa popok, alas ompol, celana pendek masing-masing selusin. Baju ganti dan celana panjang cukup stengah lusin. Kecuali kalo rela dan bersedia nyuci popok dan celana pagi buta supaya siangnya udah bisa dipake lagi.
Perhitungkan pula kemungkinan ujan!
Dan kalo anaknya perempuan, bawa deh tu segala bando, sepatu berpita, topi berenda, baju-baju terusan dengan model dan warna manis. Insya Alloh nggak nyesel kok bawanya.
Pasti kepake!
Tapi ngomong-ngomong, kangen juga euy lebaran di Jakarta..

2 comments:

Anonymous said...

oh begini ya cerita mudik yang seru itu. hehehe

jadi sekarang sudah tau kan jawaban pertanyaan waktu itu. bagaimana rasanya mudik? :D

della said...

Bukan, ah. Cerita mudik yang seru tu yang naek bis :P