Saturday, November 15, 2008

Oh, Senangnyah!

Pernah saya bertanya-tanya, kenapa sinetron Indonesia selalu penuh derai air mata. Kata kakak saya sih karena orang Indonesia seneng ngliat orang yang lebih menderita dari dirinya. Saya langsung merasa kehilangan setengah keindonesiaan saya, soalnya sumpah deh, nonton sinetron yang kebanyakan nangisnya bener-bener bikin sebel! Nggak ada seneng-senengnya tuh bagi saya.
Lalu pada suatu Jumat siang, dalam bus reguler, pada suatu siang yang panas, dalam perjalanan pulang, saya denger raungan norak sirene polisi yang menandakan ada orang sok penting kepengen lewat. Ya Tuhan, batin saya, bakalan lama deh sampe rumah.
Jadi seperti biasa kan, jalanan ditutup sementara supaya segelintir orang nggak penting yang sok penting itu bisa lewat. Saya sempet liat nomer polisinya: RI 5. Mereka masuk tol, setelah itu bus saya melaju kembali. Bus saya sih nggak masuk tol, tapi kan lewat di sebelahnya.
Kemudian saya lihatlah pemandangan itu: si RI 5 yang nggak penting itu terjebak macet dan polisi pengawalnya membunyikan sirene dengan sia-sia. Lha wong macet total gitu, mo dibunyiin kaya apa juga nggak bakal ada yang sudi minggir.
Hati saya bersorak riang, "Sukurin!"
Dan bertambah girang lagi karena menandakan saya masih orang Indonesia: bahagia melihat orang lain menderita.
Soalnya saya nggak suka banget sih sama mereka-mereka yang nutup jalan cuma supaya bisa sampe ke tujuan lebih cepat dan mengakibatkan ratusan (lebay, mungkin cuma puluhan) orang jadi terlambat karena mesti nungguin mereka lewat dulu. Bo, kalo nggak mo telat, lakukanlah hal yang dilakukan semua orang lain: berangkat dua jam lebih awal.
Padahal kalo bukan orang yang bener-bener penting, siapa sih yang ngeh kalopun mereka naek bus atau kereta atau taksi? Malah lebih nggak ketara kok. Dasar aja kepengen kliatan penting.
Ah, udah ah, cukup ngomelnya. Sekarang ingin menikmati rasa keindonesiaan saya dulu ;;)

No comments: