Thursday, November 20, 2008

Keajaiban Ini dan Itu

Setau saya, kata "ini" dan "itu" adalah kata tunjuk.
Tapi ternyata dalam percakapan, bisa buat kata ganti kata benda, kata sifat, dan kata kerja loh. Nggak percaya? Yuk, saya kasi contohnya.

1. Kata ganti kata benda
Majikan: Nov, tadi ininya udah dibikin, kan?
Nova : Udah, Bu.
Hanya Majikan, Nova, dan Alloh SWT yang tau makna "ini."

2. kata ganti kata sifat
Ibu X : Aduuh..kenapa kuenya diabisin? Nanti Madam Y marah loh! Dia kan orangnya ini!
Miss W: Hah, oh iya ya! Wah, gawat!
Sama, hanya Ibu X,Miss W, dan Alloh SWT yang tau makna "ini". Yang lain hanya bisa menduga-duga.

3. kata ganti kata kerja
X : Lah, kan tadi udah saya ituin!
Y : Tapi tetep error tu! Gimana sih!
Sama dengan dua kasus sebelumnya, dua orang di luar X dan Y hanya bisa menduga-duga makna "itu".

Yang lebih ajaib kalo ada percakapan gini:
A : jadi gimana? Udah diiniin?
B : udah, tapi jadi agak itu..
A : oya? padahal waktu saya nggak gitu deh.. coba diituin dulu.
B : udah, tapi masih ini juga..
A : wah, coba nanti saya bawa ke si itu, kali bisa diiniin, ya kan?
B : iya, mudah-mudahan aja.

Jadi inget bangsa Smurf nggak sih? :D
Tapi berhubung fungsi bahasa lisan adalah kesepahaman dari kedua belah pihak, menurut saya ya nggak apa-apa juga kalo ininya diituin, ya nggak sih ^ ^

2 comments:

Anonymous said...

Del...anunya udah diituin belon...(baca:'lampu' udah di'matiin' belon"
:D

della said...

oh iya ya lupa, ada "anu" juga..
weeehh..banyak bener sih..