Tuesday, May 15, 2007

Mari Mengobrol

Nah.
Ini yang selalu jadi pikiran saya.
Apakah di jidat ini ada tulisan, "Ajaklah saya bicara"?
Setiap kali naek bis, ada aja yang ngajak ngobrol.
Udah gitu, dengan begonya, selalu saya sambut dengan hangat.
Soalnya:
Pertama, saya diajarin Mama untuk selalu membalas senyuman dengan senyuman, sapaan dengan sapaan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan secara baek-baek dengan baek-baek pula (tapi yang terakhir ini kadang lupa dijalankan :D).
Kedua, karena saya punya pemikiran --->> saya orang baik - saya naek bis - maka setiap orang yang naik bis adalah orang baik (dalam bahasa Indonesia, pengambilan kesimpulan seperti ini adalah silogisme yang sangaaaaaaaaaaaaatt.. nggak logis. Tapi gimana dong, saya ini punya otak yang senang berpikir dengan sederhana :p)
Awalnya juga macem-macem, dari yang standar sampe yang norak:
"Maaf Mbak, sekarang jam berapa ya?"
"Pulangnya ke mana, Mbak?"
"Pulang kuliah, Mbak?" -->> ini masih saya alami kemaren, pulang ngajar, pake seragam biru donker guru, dan masih ada yang nanya begitu basinya? Ck ck ck..
"Ujannya deres, ya."
"Loh, di sini ada lapangan toh? Kok saya baru liat ya. Lapangan apa ya, Mbak tau?"
"Wah, filmnya seru ni. Saya udah nonton. Mbak udah nonton?" -->> waktu di bis ada promosi DVD lima ribuan

Tadinya saya nganggep ngobrol di bis bukan masalah, toh kalopun ditanya nama or nomer telepon saya selalu boong :p
Tapi karena lama-lama banyakan mudharatnya daripada makrifatnya, saya jadi nanya-nanya adek-adek saya yang emang lebih berpengalaman dalam bidang kehidupan sosial (hihihi..)
Saran pertama:
Baca buku.
Hasil:
Nggak ngaruh.
"Mbak suka baca Pram? Saya juga. Tapi yang ini kurang bagus, saya sih lebih suka yang.. bla3x dst."
Mungkin ganti genre.
Sia-sia.
"Masih baca komik juga ya? Hehehe..kaya ponakan saya aja.. bla3x dst."
Saran kedua:
Tidur sepanjang perjalanan.
Masalahnya, saya selalu terbangun dalam keadaan menyandarkan kepala di bahu orang sebelah!!
Jadi saran ini dilewatkan saja..
Saran ketiga:
Nggak pake jam.
Sedang dicoba.
Lumayan berhasil, tapi susah juga kalo lagi buru-buru, hehe..
Saran keempat:
Jawab seperlunya dan jangan balik nanya.
Iya sih, dengan harapan dia capek sendiri nanya-nanya, soalnya ada juga orang yang tetep kekeuh ngajak ngobrol padahal udah diketusin sedemikian rupa.
Jadi, gimana ni, punya saran kelima, keenam, ketujuh, dst? :D

5 comments:

Anonymous said...

ganti kendaraan. jangan naik bis, tapi naik taksi :P

eh, tapi ntar diajak ngobrol supir taksi yah... hmmm

della said...

Eh, ide bagus tu, Cep.
Bersedia nyumbang buat ongkosnya? :P

Anonymous said...

euh...

...pakai earphone? :D

della said...

hehehe..
makanya Yud, pas baca posting kamu tentang earphone itu, gw jadi mikir, "Lah, pas bener ni."
Udah dicoba sih, udah setaun ini malah nggak bisa lepas dari MP3 player.
Masalahnya, orang-orang nggak tau kalo gw pake earphone. Kan ktutup jilbab. Jadi teteup aja kejadian :D

Anonymous said...

sial........

semua yang dipost itu teknik-teknik gw...jadi basi nih...butuh teknik baru.

oh gini aja:
bletakkk....*jitak kepala si mblak* "sori mbak, kirain kodok nemplok, omong-omong...dari mana mau kemana butuh ditemenin?"